Optimalisasi Kemampuan Ibu pada kelas Ibu Balita dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI


Salah satu dosen tetap STIKES Nani Hasanuddin Makassar melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Judul "Optimalisasi Kemampuan Ibu pada kelas Ibu Balita dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI" yang dilaksanakan di Posyandu Seruni kampo baru keluarahan Bori Appaka Kecamatan Bungoro Kab. Pangkep dan Puskesmas Bowong Cindea Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep pada hari Senin, 18 Desember 2017. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kewajiban dosen dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat berbasis ipteks bagi masyarakat (ibM) ini adalah ibu yang mengikuti Kelas Ibu Balita di wilayah Puskesmas Bowong Cindea kab. Pangkep, Sulawesi Selatan yang mana berdasarkan hasil survey Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, Angka Kematian Balita di Indonesia sebesar 40/10.000 Kelahiran Hidup. Bila dihitung secara matematis, berarti dalam setiap jamnya terjadi 22 kematian balita di Indonesia, suatu jumlah yang tergolong fantastis untuk ukuran di era globalisasi. Esensi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis IbM ini adalah Memberi solusi dari permasalahan Ibu yang memiliki Balita di Kelurahan Bori appaka Kecamatan Bungoro kabupaten Pangkep di bidang kesehatan yaitu Tingginya angka kesakitan dan Kematian Bayi Melalui Optimalisasi Pemberian Makanan Pendamping ASI.

Mekanisme pelaksanaan kegiatan ini yaitu tim akan melakukan evaluasi pra pelatihan lalu evaluasi pasca pelatihan serta evaluasi terkait pemberian MP-ASI yang sesuai dengan tahapan umur dengan kurangnya infeksi yang berulang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk Pendidikan dan Penyuluhan dengan metode ceramah, diskusi dan tehnik membuat MP-ASI yang diberikan pada masyarakat Masyarakat di  Posyandu  Seruni kampo baru kelurahan bori appaka kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep terdiri dari 30 orang.
Ibu Firawati Memberikan Materi
Dalam pelaksanaan kegiatan ini, yang bertindak sebagai Pelaksana adalah Firawati,S.ST.,M.Keb  yang memberikan Pelatihan dan Penyuluhan tentang MP-ASI kepada masyarakat di Posyandu Seruni Kampo baru kelurahan  Bori Appaka  Kec. Bungoro Kab. Pangkep dengan melibatkan 5 orang mahasiswa. Diberikannya Pelatihan Pembuatan MP-ASI di harapkan akan menambah pengetahuan masyarakat tentang Manfaat MP-ASI yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, masyarakat antusias menyimak Materi MP-ASI yang di berikan seputar , Menu, cara Pembuatan, Manfaat, serta yang utama yaitu Peningkatan BB balita yang Kurang dengan Memberikan MP-ASI dengan cara yang Benar.

Dokumentasi Kegiatan :



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »