Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui Pelayanan IVA Tes di Pustu Bulu Cindea

Sebagai dosen di Perguruan Tinggi, baik itu Negeri ataupun Swasta setiap dosen diwajibkan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hal inilah yang dilaksanakan oleh salah satu Dosen tetap STIKES Nani Hasanuddin Makassar, Ibu Basse A.Lewa, S.ST,M.Kes dengan Judul "Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui  Pelayanan IVA Tes di Pustu Bulu Cindea" yang dilaksanakan di Puskesmas Bowong Cindea Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep pada hari Jum'at, 24 November 2017.

Tujuan kegiatan ini tentunya untuk mendekatkan informasi seputar pentingnya kesehatan reproduksi bagi kaum perempuan agar dapat terhindar dari bahaya kanker serviks melalui tes IVA atau papsmear serta mencegah kanker payudara melalui pemeriksaan payudara secara klinis (Sadarnis). Selama ini informasi seputar kesehatan perempuan dapat ditemukan di berbagai Unit Layanan Kesehatan seperti Polindes, Poskesdes, Pustu, Puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten baik masalah kehamilan, melahirkan, serta menyusui namun masalah kanker serviks dan payudara masih sangat minim edukasi.


Tes IVA, Papsmear dan Sadarnis adalah upaya untuk mencegah kanker serviks dan payudara menjadi sesuatu yang baru bagi sebahagian besar anggota komunitas saat memberikan materi tersebut terlebih saat mengkampanyekan pentingnya pemeriksaan ini dilakukan agar terhindar sejak dini dari kedua jenis kanker ini, tahun pertama program berjalan bukan tanpa tantangan hingga mereka sadar dan tergerak sendiri untuk melakukan pemeriksaan IVA melalui Subsidi Program MAMPU kala itu, hingga melihat animo para anggota komunitas ini yang cukup tinggi maka pihak Puskesmas Minasatene pun mulai menyisihkan anggaran tetap untuk pengadaan alkes pemeriksaan IVA dan Papsmear ini dan memberlakukan pelayanan reguler untuk pemeriksaan ini di Puskesmas dan masih berjalan hingga saat ini.

Metode pelaksanaan program dari kegiatan ini adalah Melakukan pemeriksaan IVA tes kepada Wanita usia Subur kemudian memberikan hasilnya   untuk selanjutnya dilakukan Pemeriksaan Papsmer kepada Dokter serta memberikan Pengobatan Langsung jika terdeteksi adanya tanda-tanda Kanker Serviks, Setelah Pengobatan selesei,Wanita Usia Subur kembali ke Pustu untuk pengecekan lebih lanjut.

Mekanisme pelaksanaan kegiatan ini yaitu tim akan melakukan evaluasi pra Pemeriksaan Iva tes lalu evaluasi pasca Pemeriksaan Iva Tes jika ada tanda-tanda Kanker serviks serta evaluasi terkait pemberian Obat yang dilakukan Oleh dr. Jika ada Hasil yang serius didapatkan pada saat Pemeriksaan Iva Tes.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »